Effects of Self-Regulation Theory-Based Education on Psychological Response, Compliance, IDWG, and Perceived Complaints

Penulis

  • Sandi Alfa Wiga Arsa Medical Surgical Nursing Department, Nursing Program, STIKes Patria Husada Blitar, East Java, Indonesia
  • Erni Setiyorini Medical Surgical Nursing Department, Nursing Program, STIKes Patria Husada Blitar, East Java, Indonesia
  • Thatit Nurmawati Medical Surgical Nursing Department, Nursing Program, STIKes Patria Husada Blitar, East Java, Indonesia
  • Kristina Widyanti Medical Surgical Nursing Department, Nursing Program, STIKes Patria Husada Blitar, East Java, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38040/js.v17i2.1240

Abstrak

Pendahuluan: Walaupun efektif dalam memperpanjang harapan hidup, proses hemodialisis sering menimbulkan keluhan fisik seperti sesak napas, mual, sakit kepala, edema, dan nyeri dada serta keluhan psikologis seperti cemas, depresi, dan ketidakpatuhan terhadap regimen pengobatan, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi hasil terapi, termasuk peningkatan Interdialytic Weight Gain (IDWG) dan komplikasi lainnya. Penelitian ini berfungsi sebagai adaptasi sekaligus kelanjutan dari penelitian sebelumnya yang mengkaji korelasi antara teori regulasi diri dengan terjadinya komplikasi intradialisis dalam konteks pendidikan kesehatan. Metode: Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan one-group pretest-posttest randomized experimental design. Sampel penelitian adalah 21 pasien hemodialisis di Unit Hemodialisis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Wilcoxon dengan hasil Faktor Psikologis (p = 0,029), Kepatuhan (p = 0,000), IDWG (p = 0,032), dan Keluhan (p = 0,049). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan pada semua variabel yang diteliti setelah dilakukan pendidikan kesehatan berbasis regulasi diri.
Kesimpulan: Manajemen diri yang baik pada pasien hemodialisis melalui masalah alamiahnya dapat ditingkatkan melalui pendidikan kesehatan berbasis manajemen diri.

Diterbitkan

2025-08-08

Cara Mengutip

Arsa, S. A. W., Erni Setiyorini, Thatit Nurmawati, & Kristina Widyanti. (2025). Effects of Self-Regulation Theory-Based Education on Psychological Response, Compliance, IDWG, and Perceived Complaints . Jurnal Surya, 17(2), 68–77. https://doi.org/10.38040/js.v17i2.1240

Citation Check